Monday, March 11, 2013

Love Around You - Vadis Review

Lovers on a piano. Image Source: Henry Hutt



Ada Cinta di Sekitar Kita, Yang Aneh dan Yang Nyata
Review (Self-Review dan Renungan) oleh Andry Chang untuk
Antologi “Love Around You – Kumpulan Cerpen House of Romance”


Hai, jumpa lagi dengan saya, Alay Silebay, presenteur extraordinaire AjibTV. Kali ini, kita akan menjelajah karya-karya tulis dari genre romance. Tepatnya, Kumpulan Cerpen dari House of Romance (HoR) berjudul “Love Around You” (LAY).
“Cinta di Sekitar Kita” adalah artian judul yang sangat luas dan menyangkut banyak aspek. Jadi, dalam seri kumcer ini Grup HoR mencoba berfokus pada tiga aspek romansa saja, yaitu: Cinta Dua Generasi, Cinta Dunia Maya dan Cinta Palsu.
Menilik cover depan LAY besutan Dadan Erlangga dengan gambar perlambang cinta yang tumbuh seperti pohon, kesan pertama yang timbul bagi mereka yang melihatnya adalah kisah-kisah dalam kumcer ini adalah romance unyu bin imut, serba manis dan indah dan ditujukan untuk pembaca teenlit.
Namun sebenarnya, kisah-kisah LAY itu sangat bervariasi, baik dari sub-genrenya maupun nuansa kisahnya, persis seperti dinamika cinta itu sendiri. Ada bahagia, ada pula sedih dan marah. Ada adegan-adegan pengundang tawa, juga tindakan-tindakan ekstrim yang berujung pada kejutan. Ada kisah berakhir manis, ada pula yang tragis.
Ya, tanpa berlama-lama lagi, mari kita kupas intisari kesepuluh kisahnya satu-persatu.

One Night – Welly Setyawan
“Kau… janda?” – Bianka Golder
Tema: Cinta Dua Generasi
Secara umum, kisah ini mengetengahkan hubungan cinta yang terhambat oleh mindset/budaya, diperparah dengan kenyataan bahwa Jane Swalsky adalah “janda cerai”, bukan “janda ditinggal mati”. Dengan kombinasi karakter Kevin yang emosional, Bianka yang gengsian dan mantan suami Jane yang tak bertanggungjawab, entah kekacauan apa yang akan timbul dari interaksi keempatnya.

Serenade – Andry Chang
“Ya Tuhan, kumohon lancarkanlah jalanku menuju hatinya.” – Neria Sari
Tema: Cinta Dua Generasi


Tragedi atau trauma yang amat parah seringkali melumpuhkan hati seseorang, memupus semangat hidupnya hingga ia tak bisa move on. “Obat” untuk “penyakit” ini tentunya adalah cinta sejati yang tulus, yang datang saat si frustrasi sulit mengenalinya. Mengutip lagu Dewi Lestari, “Terkadang malaikat tak bersayap, tak cemerlang, tak rupawan… Malaikat juga tahu, aku akan jadi juaranya.”
Karena ini cerpen karya "bos" saya, saya hanya bisa memberitahu sedikit bahwa beberapa elemen ceritanya berdasarkan kejadian dan tokoh di kehidupan nyata.

Terbaik Untukku – June Tan
“Orang luar mau omong apa itu urusan mereka sendiri, bukan urusanku.” – Ayu
Tema: Cinta Dua Generasi
Salah satu sebab timbulnya cinta adalah seseorang menemukan sosok yang ia kagumi dalam diri orang yang ia cintai. Mungkin sosok ayah, ibu, atau seorang pahlawan perkasa. Mungkin lebih dramatis lagi bila ditambah satu tokoh pemuda seumuran Ayu yang kalah heroik dengan si Bapak, hingga keputusan untuk menentukan mana yang terbaik bagi Ayu jadi lebih dilematis. Satu quote tambahan dari Bapak, “I’ll be back.”

Loving Evelyne – Renee Keefe
“Seorang pria dewasa memang seharusnya mengeluarkan keringat untuk gadis yang dicintainya!” – Dawson O’ Connell
Tema: Cinta Dua Generasi (dominan), Cinta Palsu
Cinta yang didasari alasan-alasan yang tidak murni seperti penawar kesepian, pelampiasan frustrasi, pemuasan nafsu dan semacamnya bukanlah cinta sejati. Atau ekstrimnya, itu cinta palsu.
Di sisi lain, cinta yang seharusnya murni namun dibina lewat hubungan gelap bisa jadi cenderung berbuah tragedi. Kisah “Loving Evelyne”, yang berlatar belakang Zaman Victoria menawarkan solusi yang cukup logis untuk menghindari tragedi itu, menentukan pemenang sejati antara cinta sejati dan cinta palsu. Pertanyaannya, bisakah “solusi” ini diterapkan di zaman modern, apalagi di negeri seperti Indonesia?

Sang Penjaga – Dya Ragil
“Tidak pernah ada waktu yang tepat kalau dicari, kita sendiri yang harus membuatnya.” – Alia
Tema: Cinta Dua Generasi
Dalam kisah ini, kita disuguhkan salah satu contoh cinta sejati. Cinta sejati bisa dihasilkan dari pengabdian, komitmen dan dedikasi sepenuh jiwa dan tanpa pamrih. Dan, saat cinta itu tumbuh dan telah dikenali, terserah keputusan pihak yang mencintai atau dicintai untuk terus memupuknya atau tidak. Atau lebih baik lagi, dipupuk lewat dedikasi yang lebih kuat dan langgeng, tanpa terlalu perhitungan.
Mungkin pembaca akan lebih terkesan lagi bila ada perbandingannya berupa cinta palsu yang kelihatannya sejati, seperti serigala berbulu domba. Biar pembaca menebak-nebak, yang manakah dari kedua cinta itu yang sejati.

My Direct Message – Lily Zhang
“Karena tidak semua orang memahami perbedaan ini.” – @D_zen
Tema: Cinta Dunia Maya
Pernik-pernik dunia maya sering menjadi “topeng yang indah”, menutupi kekurangan diri di dunia nyata. Mau bilang apa, itulah salah satu senjata agar diterima oleh orang yang menarik hati kita. Tapi hati-hati, suatu hari kekurangan kita itu bisa terungkap baik dengan sengaja ataupun tidak, dan kita baru tahu apakah kepribadian orang yang kita sukai itu sungguh cocok atau tidak dengan kita. Apalagi dengan mindset insan modern, khususnya di Indonesia, cara ini lazim dipakai.
Jadi, kisah ini adalah pengingat yang manis bin unyu, untuk selalu berusaha mencoba memahami perbedaan dalam diri orang lain, khususnya yang pada dasarnya kita sukai dan menyukai kita.  “Just let your true colors, shining. Your true colors, whatever dark they are, are beautiful.”(Dimodif dari lirik lagu “True Colors” – Phil Collins)

Lukisan Masa Lalu – Reina Mala
“Jika memang maut menghampiri salah satu di antara kita berdua, biarkan kebahagiaan yang menjadi akhir dalam kisah kita.”- Aiko
Tema: Cinta Dua Generasi (dominan), Cinta Dunia Maya
Ini adalah kisah yang “gaib”, tentang jodoh yang terputus di masa lalu yang jadi jalan untuk menyambungkan jodoh dan cinta di masa kini. Karya terakhir Reina Mala ini termasuk “fantastis”, sebuah permainan takdir yang seindah lukisan.
Cinta, oh, cinta, apakah memang takdir yang membuat kita bertemu, menyatukan dua hati kita dalam satu jalinan benang asmara? Apakah cinta sejati memang buta, hingga logikapun tak kuasa berkata-kata?

What Goes Around, Comes Around – Liz Lavender
“Aku memutar waktu untukmu. Kita kembali ke masa lalu, bukan? Jadi apa yang ingin kaulakukan sekarang?” – Timothy Hartwood
Tema: Cinta Palsu (dominan), Cinta Dua Generasi
Dilihat dari judul yang dikutip dari peribahasa Bahasa Inggris “What goes round, comes around”, saya menebak ceritanya pasti adalah seputar mereka yang berbuat “curang” dalam cinta dan terkena imbas akibatnya. Dan, tebakan saya benar.
Lewat taktik “cinta palsu”, orang-orang yang berselingkuh mendapat ganjaran dari perbuatan mereka. Meskipun mungkin akan ada yang berkomentar tak perlu jadi agen rahasia untuk “mengerjai” para pengkhianat cinta itu. Namun, yah, tentunya dengan gaya macam James Bond 007, ditambah cinta yang datang tak terduga dari orang yang terpaut satu generasi membuat kombinasi “bumbu”-nya jadi unik. Satu rasa di bumbunya yang aneh hanya adanya unsur “mistis” di akhir cerita.

Satu Nyawa Manusia – Lia Zhang
“Aku tak menyesal menggunakan satu-satunya nyawaku untuk mencintai Claraku.” – Gubernur Jenderal
Tema: Cinta Dua Generasi
Sejak zaman dahulu hingga sekarang, seringkali demi mendapatkan cinta, seseorang menghalalkan segala cara, termasuk menyalahgunakan kekuasaan, wewenang dan hartanya. Dalam kisah ini, kasusnya menjadi ekstrim karena urusannya menyangkut nyawa manusia. Apalagi keputusan yang logis namun kurang bijaksana, permainan takdir dan jebakan politik yang kejam menyebabkan nyawa sendiripun melayang. Tapi, tentu si Gubernur Jenderal tak bisa tiba-tiba berubah menjadi malaikat dengan mengorbankan nyawanya sendiri langsung, hingga Clara bisa hidup bahagia dengan kekasih pilihannya. Ini antitesis yang lebih realistis dari kisah “Loving Evelyne”. Reality bites. 

Janji Ksatria Untuk Putri – Catz Link Tristan
“Karena saya adalah ksatria yang akan menolongmu, Putri cantik dari naga jahat.” – Elang
Tema: Cinta Dunia Maya (dominan), Cinta Palsu, Cinta Dua Generasi
Di dunia maya, khususnya jejaring sosial kita bertemu dengan segala macam orang yang belum kita kenal. Kepribadian seseorang yang sesungguhnya sulit ditebak, dan kadangkala malah memakai topeng seribu kepalsuan. Jadi, hal terbaik yang bisa kita lakukan hanya memegang prinsip kita sendiri. Mungkin Elang memberi contoh yang tak patut ditiru, namun setidaknya dia masih punya prinsip seperti ksatria yang memiliki zirah dan perisai. Hati-hatilah, hai Putri cantik samaran naga jahat!

Kesimpulan secara keseluruhan, saya yakin seyakin-yakinnya, semua penulis di Grup House of Romance (HoR) ini telah mengerahkan jurus-jurus silat kata terbaiknya dalam Antologi Love Around You (LAY) ini. Lagipula, tujuh dari sepuluh kisah ini adalah hasil lomba Romance Story Audition (ROSA) yang diadakan HoR.
Perlu dijelaskan di sini, bahwa kebanyakan peserta dan pemenang lomba cerpen ROSA-LAY memilih tema “Cinta Dua Generasi”. Karena ada cerpen-cerpen dari kedua tema lainnya yang masuk antologi, jadi teman-tema itu ikut pula disebut.
Pemilihan genre, latar belakang, masa dan lokasi yang sangat luas dan bervariasi, di samping ada penggunaan sihir supranatural sebagai pemanis mungkin akan menimbulkan tanda-tanya di benak pembaca: Apakah semua “love” dalam antologi ini benar-benar ada “around you”? Jawabannya, “tidak” dan “ya”. “Tidak”, bila dicerna secara harafiah. “Ya,” bila pembaca mau mencoba merenungkannya dan membandingkannya dengan realita hidup di zaman modern ini.
Lagipula, beberapa cerita di sini terkesan ditujukan bagi pembaca berusia 17 tahun ke atas, jadi bukan teenlit seperti kesan pada cover depan. Satu lagi kelebihan kumcer indie ini adalah ada beberapa elemen cerita yang digarap dengan “berani”, yang biasanya “diredam” dalam terbitan-terbitan penerbit major. Elemen yang mana saja? Bacalah seluruh ceritanya dan anda akan tahu.
Nah, semoga tulisan saya di sini bisa membantu memperluas pemahaman pembaca sekalian. Alay Silebay, presenter AjibTV, melaporkan dari House of Romance. 

Love Around You - Kumpulan Cerpen House of Romance 

Penulis: 

10 kisah cinta dari 10 penulis Grup House of Romance dengan mengusung tiga tema berbeda. Cinta dua generasi, cinta palsu dan cinta dunia maya.


Kisah-kisah cinta di sekitar kita yang kadang terlupakan. Baik yang manis, memabukkan hingga pahit getir. Rasakan kejutan-kejutan saat menyelaminya satu-persatu.

LAY, Love Around You. A treasure book of love.

“Kau... janda?” - Bianka Golder, “One Night”

“Ya Tuhan, kumohon lancarkanlah jalanku
menuju hatinya.” - Neria, “Serenade”

“Orang luar mau omong apa itu urusan mereka
sendiri, bukan urusanku.” - Ayu, “Terbaik Untukku”

“Seorang pria dewasa memang seharusnya
mengeluarkan keringat untuk gadis yang dicintainya!”
- Dawson O’ Connel, “Loving Evelyne”

“Tidak pernah ada waktu yang tepat kalau dicari,
kita sendiri yang harus membuatnya.”
- Alia, “Sang Penjaga”

“Karena tidak semua orang memahami perbedaan ini.”
- @D_zen, “My Direct Message”

“Jika memang maut menghampiri salah satu di
antara kita berdua, biarkan kebahagiaan yang
menjadi akhir dalam kisah kita.”
- Aiko, “Lukisan Masa Lalu”

“Aku memutar waktu untukmu. Kita kembali ke masa
lalu bukan? Jadi apa yang ingin kaulakukan sekarang?”
- Timothy Hartwood, “What Goes Around Comes Around”

“Aku tak menyesal menggunakan satu-satunya
nyawaku untuk mencintai Claraku.”
- Gub. Jenderal, “Satu Nyawa Manusia”

“Karena saya adalah ksatria yang akan menolongmu,
Putri cantik dari naga jahat.”
- Elang, “Janji Ksatria Untuk Putri”

Penyunting: Dadan Erlangga, Majnun Jiddan, Petrus Jody
Pemeriksa Aksara: Catz Link Tristan, Lia Zhang, Liz Lavender
Pewajah Sampul: Dadan Erlangga
Penata Isi: L.L
Ilustrator: Dya Ragil


Paperback, 148 pages
Published February 27th 2013 by CV. Gloria Group
ISBN
9876021898
edition language
Indonesian
Untuk mendapatkan buku antologi "Love Around You" ini, silakan kunjungi situs-situs berikut ini:

Website House of Romance:  
http://houseofromance.wordpress.com 

Grup House of Romance di Facebook: http://www.facebook.com/groups/houseofromance

Entri di VadisWorld: http://vadisworld.blogspot.com/2013/02/love-around-you.html

Entri di Goodreads.com www.goodreads.com/book/show/17450961-love-around-you


No comments:

Post a Comment

Fantasize Yourself in FireHeart!

CNN.com

CNN.com - Entertainment

Latest financial news - CNNMoney.com

Blogger Buzz

Vadis Bloglist

Popular Posts