Tuesday, October 16, 2018

Fourger Inc. Review by Andry Chang


FOURGER, Inc.
#CIAYOCOMICS #KOMIKCIAYO
A Review by Andry Chang
https://www.ciayo.com/id/comic/fourger

Lho, ada walking dead?
Sekadar berkomentar, mungkin saya, tak ubahnya dengan para pembaca lain umumnya sudah menanam mindset bahwa Fourger, Inc. adalah webcomic bertema dan bergenre action (aksi) murni. Itu berarti tak melibatkan sihir, kekuatan gaib, kekuatan gelap, makhluk-makhluk gaib dan semacamnya. Nuansa action jelas konsisten sampai akhir Season 1.

Namun, memasuki Season 2, segalanya berubah sejak “The Dark” datang. Masalahnya, dalam Organisasi “The Dark” itu ada anggotanya yang adalah seorang penyihir. Tak hanya itu, cerita mulai melibatkan hal-hal gaib seperti zombie, banyak zombie. Ditambah pula, ada urusan di sebuah pulau terpencil yang melibatkan “pohon gaib” dan sesosok raksasa ungu. Tak ayal, genre cerita yang semula adalah “pure action” itu berubah drastis menjadi “supranatural” dan cenderung ke arah “urban fantasy”.

Hello big guy! Twist him :p

Menyimak komentar-komentar yang ada, reaksi para pembaca cukup beragam antara pro dan kontra. Saya sendiri tidak ikut berkomentar di sana. Hanya saja, andai saya jadi penulis ceritanya saya akan bilang “the show must go on” dan kalau memang sudah mengarah ke satu tujuan, saya akan terus berjalan ke titik akhir tujuan itu. Namun sayang, karena satu dan lain hal yang tidak saya ketahui sebabnya dan tidak saya tanyakan langsung pada kreator/author (“thor”)-nya, Fourger, Inc. selesai begitu saja di tengah Season 2.

Entah apakah pihak Ciayo Comics sudah punya rencana atau belum untuk melanjutkan Fourger, Inc. di masa depan, cepat atau lambat, saya jadi tergelitik menyampaikan sedikit pemikiran. Beberapa peristiwa dalam cerita Fourger, Inc. memakai latar peristiwa/berita yang sedang atau pernah “panas” di Indonesia, contohnya Bom Perempatan Sarinah-Thamrin di Jakarta. Penempatan “cerita di balik fakta” ini sebenarnya punya dua sisi, dan itu tergantung pula pada selera pembaca. Ada pembaca yang “percaya” atau suka pada fakta alternatif itu, tapi ada pula yang tidak. Makin banyak yang “percaya”, makin ramailah subscriber cerita jenis ini.

Oh hello! Are you Dr. Strange's evil twin?
Tak apa, biarlah formula “cerita di balik fakta” ini tetap dan digunakan secara konsisten dalam “Fourger, Inc.” sehingga menjadikannya webcomic yang lebih berbobot daripada hanya gebug-gebugan dan “see bad guy, shoot bad guy” saja. Masih banyak yang bisa dikembangkan dari para tokohnya yaitu Justice, Flower, 404 dan Robot.

Akhir kata, entah berlanjut atau tidak, apakah akan diremaster atau bahkan di-reboot, Fourger, Inc. tetap adalah karya “Ciayo Original” yang saya pikir adalah salah satu “pilot project” Ciayo Comics.  Karena itulah, bilamana ada kesempatan lagi, meminjam semboyan #EvernaSaga, silakan “Come fourth and fourge your destiny.”

---------------------------

Jika aku menjadi CEO CIAYO Comics, maka aku akan mengajukan konsep CIAYO sebagai integrated platform satu pintu, baik untuk webcomic, games, komik konvensional, termasuk novel, visual novel dan light novel. Karena aku adalah CEO Vadis Entertainment, produsen IP multimedia. #CiayoBooks, anyone?

No comments:

Post a Comment

Popular Posts