Sunday, March 25, 2007

[rosta masta!] Novel-Novel Fantasi Karya Penulis Dalam Negeri

Sedikit komentar dari @ndry tentang beberapa novel fantasi yang saya beli.
Silakan refer ke http://fireheart-vadis.blogspot.com untuk keterangan lebih lanjut tentang Novel Fantasi.

Pembahasan lebih lanjut dan yang sebelumnya tentang novel fantasi juga dapat disimak dalam forum Lautan Indosiar - Pulau Penulis di thread : Novel Fiksi Fantasi Dalam Negeri.
http://lautan.indosiar.com/topic.asp?TOPIC_ID=27215&whichpage=79

Belakangan ini g ada beli beberapa novel fantasi dari penulis dalam negeri, antara lain:
- Sang Penandai (Tere-Liye)
- Janos Legend of the Arctic Empire (Hadiyanto)
- Misteri Pedang Skinheald 1 & 2 (Ataka)

Kalau ditanya komentarnya, terus terang g bilang Ataka itu semacam 'little boy wonder'. Cerita yang dibuatnya memang cukup seru dan terus terang exciting. Tapi caranya bercerita dan alur plotnya itu buku pertama agak mirip Lord of the Rings dan buku kedua Eragon. Memang gak bisa dipungkiri dia dan saya memang sangat-sangat terinspirasi oleh Lord of the Rings dan Eragon itu. Malah bisa dibilang novel saya juga sedikit terinspirasi oleh novelnya Ataka. Tapi kebanyakan dari games lah, seperti Risk Your Life (Online), Warcraft & Final Fantasy, anime Record of the Lodoss War & Arc the Lad, dan komik2 kungfunya Tony Wong.

Mereka yang teliti dan mau pusing2 membandingkan dengan LoTR & Eragon mungkin bisa menemukan kemiripan2 adegan di sana-sini.

Novel Janos yang pertama itu kebanyakan ceritanya hanya kita ngeliatin Janos sedang 'having fun' dan konfliknya baru dimulai di bab paling akhir. Yah, gpp lah kan setiap orang punya imajinasinya sendiri. Satu quote yang cukup powerful yaitu : 'Sebutir beras oklin, sejuta keringat petani.

'Sang Penandai' - ini novel fantasi yang sastra banget. Gaya bahasanya bener2 bermutu, gak heran penulis2 sastra juga memujinya. quotenya juga kena banget dgn tema ceritanya: 'Ingatlah, pecinta sejati takkan pernah menyerah sampai kematian itu sendiri datang menjemput dirinya.' Ceritanya juga unik, dan penuh makna. Bagi yang udah bosen dengan magic-magican dan monster-monsteran, dan mau baca kisah petualangan yang hampir alami (kecuali si penandai sendiri yg terlalu hebat), novel ini layak dikoleksi.

--
Posted By vadis to rosta masta! at 3/25/2007 05:29:00 AM

No comments:

Post a Comment

Popular Posts