Friday, March 02, 2012

Ther Melian - Discord

Rating:★★★★★
Category:Books
Genre: Science Fiction & Fantasy
Author:Shienny M. S.
THER MELIAN – Discord

Penulis: Shienny M.S.

Penerbit: Elex Media Komputindo, 19 Oktober 2011

Format: Paperback, 522 halaman

ISBN13: 9786020012278

Website Resmi Ther Melian: http://www.thermelian.co.cc

---------------------------

“Now the chess pieces are in place, let the game of DISCORD begin!”

Kini, setelah semua bidak masuk formasi, inilah saat memuncaknya PERTENTANGAN.

Tebak-tebak buah manggis Sang Musafir ternyata cukup jitu kali ini, walau tak sepenuhnya. Seri TM yang satu ini benar-benar penuh aksi, lebih banyak kadarnya daripada Revelation dan Chronicle. Perang, kehancuran, pertarungan lebih dahsyat disertai deskripsi blow-by-blow yang lebih canggih dan cerdas.

Tak hanya itu, Shienny a.k.a. Calista Sang Dewi Pencipta tetap konsisten dengan unsur utama TM: karakter-karakter pengundang fans yang berinteraksi dalam konflik di antara mereka, yang berhasil menggugah perasaan Sang Musafir dan para pembaca lainnya. Cinta, kasih sayang yang hilang dan hadir, kenyataan yang mendera jiwa, dan lain-lainnya bisa ditemukan di sini. Nggak cuma serunya aja, cuy!

Jadilah si penjelajah antar dunia ini keasyikan berlama-lama di ujung-ujung timur Benua Ther Melian yang didominasi padang pasir dan gua ini.

Karakterisasi:

Hal paling penting untuk dicatat, Sang Musafir mengacungkan jempol, salut pada “keberanian” Dewi Calista “menghilangkan” karakter-karakter yang sudah dibentuk, diukir dengan indahnya bahkan lumayan bisa menjaring fan-base.

Jadi, para pembaca dibuat tak menyangka, bahkan merasa “tak rela” karakter tersebut lenyap. Sang Musafir sendiri sempat “kecele”. Satu karakter favoritnya yang diperkirakan masih melenggang sampai buku 4 ternyata “keok”. Satu lagi tokoh yang rambutnya paling indah menurut beliau nasibnya juga tak jelas. Tapi perkiraan beliau tepat untuk satu tokoh lagi yang terkesan cukup “expendable” dan cepat atau lambat pasti lenyap untuk menambah nilai emosional serial ini.

Penambahan karakter hanya sebagai peran pembantu (NFC – Non-Fighting Character). Yang ada adalah “pemangkasan”. Inilah saatnya “hancur-hancuran”. Discord time!

Plot dan Nilai Tambah:

Soal plot, isi cerita Discord teknisnya adalah usaha untuk “melengkapi puzzle”, menuntaskan tiga bagian yang tersisa dari “ketujuh kunci” jawaban. Tentunya plot ini sudah ditata sedemikian rupa hingga tak terkesan “kejar tayang”.

Di ujung babak ini, Sang Musafir dibuat tertegun dan bertanya-tanya. Mengapa para Aether terkesan mendukung kelompok Valdy? Apakah agenda mereka yang sesungguhnya demi masa depan – berdasarkan masa lalu Ther Melian? Apakah mereka benar-benar “putih”?

Perlu beliau tekankan sekali lagi, salah satu nilai fenomenal serial TM ini adalah tokoh-tokoh antagonis yang punya fan base sendiri yang bersimpati pada nilai dan tujuan mulia yang mereka anut dan membenci tindakan-tindakan mereka yang menghalalkan segala cara untuk meraih cita-cita tersebut.

Dalam cerita, bahkan membuat para Aether dan beberapa tokoh yang semula netral atau menentang jadi simpati, dan akhirnya sadar bahwa tujuan mereka itu “benar”, hanya caranya saja yang “salah”. Contoh si Valdy, yang membuat Sang Musafir ingin menjitak kepalanya keras2 supaya sadar (sayang dia terlalu keras kepala) atau berbagi makan Caesar Salad dan minum sarsaparila bersama dia. Bahkan ada fans yang sudah menyumpahi Valdy jangan mati, cukup jadi perjaka tua nan abadi saja, biar tau rasa!

Prediksi:

Prediksi Sang Musafir (yang sampai detik ini belum baca Genesis):

Segalanya akan mencapai klimaks di buku 4. Pertempuran, drama, dahsyatnya penghancuran serta kelahiran kembali (Genesis).
Pemandangan yang berbau “spoiler” di cover Genesis mungkin akan berbeda dari “kenyataan” (harap saja Sang Musafir salah untuk yang ini).
Makin banyak karakter favorit yang berguguran, baik di pihak “status quo” ataupun “revolusioner”. Hingga di akhir serial, maksimal 40 persen dari roster di awal Discord saja yang belum “pindah dunia”.
Solusi dari Leidz Thydia untuk Ther Melian jadi kenyataan, jadi “Genesis” dalam artian yang global. Sebuah zaman baru.
Secara keseluruhan, akan terjadi happy ending. Secara pribadi, Very akan kehilangan segalanya, kecuali satu hal yang paling berharga yang akan ia dapatkan sebagai gantinya. Inilah antitesis dari prinsipnya di “Revelation”.

Kesimpulan:

Dengan lapang dada Sang Musafir mengakui, Tetralogi Ther Melian adalah sebuah fenomena dalam ranah Fiksi Fantasi Indonesia. Empat serial novel fantasi terbit dalam kurun waktu kurang-lebih satu tahun, belum pernah terjadi di negeri ini, dengan catatan itu belum termasuk waktu yang dihabiskan Shienny untuk menuliskannya, yang tak ingin Sang Musafir ekspos di sini.

Nilai tambah utama yang membuat serial ini wajib dikoleksi, dibaca dan dinikmati adalah keindahan dari para tokohnya dan jalinan hubungan dan konflik di antara mereka.

Sukses untuk Shienny, tunggulah review finale Sang Musafir untuk Ther Melian - Genesis.


Ther Melian - Core of Discord Artwork by: Shienny M.S.

Valdy's Faction: Laruen, Karth, Izahra, Eizen, Valadin, Ellanese

Vrey's Faction: Ashca, Desna, Rion, Feyn, Leighton, Vrey

Sinopsis:

Dengan bantuan Izahra, Valadin dan teman-temannya berhasil melarikan diri. Tidak hanya itu, mereka juga mengobarkan pertempuran di Kota Kuil demi merebut kembali Relik Elemental.

Sementara itu, Vrey menemukan alasan di balik pengabaian Reuven-ayahnya-delapan belas tahun yang lalu. Namun jawaban yang ditemukannya justru menorehkan luka yang lebih dalam dan membuat perasaannya semakin hancur.

Tapi ketika peperangan yang disulut oleh Valadin dan teman-temannya pecah di hadapan Vrey, mau tak mau dia harus bangkit untuk bertarung, melawan Valadin. Dan mereka harus kembali saling berhadapan, memperjuangkan apa yang menurut mereka benar.

Kali ini, tak ada lagi senyum ramah dan kehangatan di wajah Valadin. Yang tersisa hanya rasa sakit dan kekecewaan yang teramat mendalam. Kali ini, Valadin tak ragu lagi menyakiti Vrey, seperti Vrey telah menyakitinya.

Dan saat Vrey mengetahui apa yang diperbuat kelompok Valadin pada Leighton, PERTENTANGAN di antara mereka mencapai puncaknya!


Daftar Roster Ther Melian di Fantasindo: Lihat di sini

Review Sang Musafir untuk Ther Melian:

Ther Melian – Revelation

Ther Melian – Chronicle

Ther Melian – Discord

Ther Melian – Genesis

No comments:

Post a Comment

Fantasize Yourself in FireHeart!

CNN.com

CNN.com - Entertainment

Latest financial news - CNNMoney.com

Blogger Buzz

Vadis Bloglist

Popular Posts