Monday, October 03, 2016

THE REAL SI DOEL - Review: Rano Karno: Si Doel

Rano Karno: Si Doel Rano Karno: Si Doel by Gol A. Gong
My rating: 3 of 5 stars

THE REAL SI DOEL

Saya beli dan baca "Rano Karno: Si Doel" di acara launching buku tersebut di Indonesian International Book Festival, 2 Okt 2016 di JCC Jakarta.

Diberi kesempatan dalam sesi tanya-jawab, saya bertanya ke Bang Rano Karno, siapa selain orangtua abang yg amat kuat menginspirasi abang? Jawabnya, salah satunya Si Doel di buku Si Doel Anak Jakarta, yang beliau baca waktu masih kecil. Si Doel Anak Jakarta

Si Doel ikut menginspirasi setiap langkah beliau dari anak bawang di "Gang Tai" hingga menemukan bakat seni yang dikembangkannya, menjadi "Si Doel yang nyata" hingga menjadi salah seorang aktor terbaik di Indonesia, bahkan kini menjadi Gubernur Banten.

Rano Karno, Bapak Gubernur Banten di acara Launching "Si Doel" 2 Oktober 2016

Saya jadi teringat Toyotomi Hideyoshi, yang lebih dari 10 tahun terakhir ini menginspirasi saya untuk mengembangkan bakat yang saya semula pikir tidak dan tidak akan pernah saya miliki. Mungkin saat ini saya belum berprestasi setinggi Bang Rano, namun saya percaya suatu hari saya pasti bisa meraih bintang-bintang saya sendiri. Terima kasih untuk inspirasi yang abang berikan pada saya lewat buku abang ini. Juga terima kasih pada dukungan Bang Gol A. Gong, tentunya.

Yah, untuk para pembaca lain, bila kalian mencari cerita2 dengan narasi yang runut, autobigrafi ini lebih banyak mengutarakan pemikiran penulisnya, kisah hidup beliau secara singkat-jelas-padat dan pendapat beliau mengenai berbagai hal yang harus saya akui, cukup "out-of-the-box". Inilah ciri-ciri seorang visioner, tak peduli apa kata orang. Jadi, bila kalian mencari sumber inspirasi tentang bagaimana cara berpikir seorang seniman yang penuh improvisasi dapat membawa perubahan berarti dan prestasi, buku ini layak disimak kata-demi-katanya.

Hingga ke saya berdiri untuk itu. Di sana.

View all my reviews

Goodreads Link: https://www.goodreads.com/book/show/32304214-rano-karno

No comments:

Post a Comment

Popular Posts