Sunday, June 11, 2006

Ivana.Blogspot.Com - Daftar Tokoh

Ivana.blogspot.com

Penokohan – Daftar & Keterangan Tokoh

1. Ivana, 21-25 tahun

Seorang gadis dari Jakarta, dari keluarga menengah-atas yang kuliah di Universitas Parahyangan Bandung Jurusan Ekonomi Program S-I Akuntansi. Pada saat cerita ini dimulai Ivana sedang di tengah masa kuliah di usia 21 tahun. Cantik, cerdas dan sangat suka chatting dan blogging (membuat buku harian pribadi / curhat) lewat Internet. Kegemarannya ini membawanya bertemu dengan bermacam-macam orang, khususnya Arfian yang menarik hatinya.

Ivana banyak sekali mengalami cobaan dan tantangan yang relatif lebih berat dari rata-rata, petualangan-petualangan, kejadian lucu, pengalaman ekstrim dan menegangkan, bahkan tragedi. Semua itu dia curahkan tanpa malu-malu dalam blognya di http://ivana.blogspot.com/ sampai itu semua mengundang banyak simpati dari seluruh pembacanya, sampai-sampai ada penulis yang menghubunginya dan ingin mengangkat cerita ini sebagai sebuah novel.

2. Arfian, 21-25 tahun

Teman Ivana di Bandung. Pemuda tampan yang berkulit agak gelap ini kuliah di ITB (Institut Teknologi Bandung) jurusan Teknik Mesin. Prestasi dan kecerdasannya normal-normal saja. Tapi cita-citanya membuatnya maju, yaitu membawa teknologi dan pembangkit listrik tenaga angin ke Pulau (sebut saja pulau A – sebuah pulau kecil di Indonesia dekat Jawa / Sumatera, maaf harus saya riset dulu), tempat kelahirannya, pulau nelayan yang sangat terkebelakang. Bertemu Ivana lewat chatting di Friendster dan Yahoo! Messenger, lalu mereka mulai jalan bersama secara rutin dan pacaran. Arfian masuk ITB karena disokong oleh seorang misionaris sukarelawan yang datang ke pulaunya untuk mengabarkan Injil, yang ternyata adalah seorang pengusaha yang telah pensiun.

3. Richard, 27-29 tahun

Pemuda berusia 4 tahun lebih tua dari Ivana. Sangat tampan dan anak pengusaha kaya-raya. Lulusan UCLA, Amerika Serikat dengan prestasi pas-pasan. Penggemar modifikasi mobil. Punya rumah (rumah orang tua) di Amerika, dan mobil Nissan 350Z modifikasi super ekstrim kesayangannya. Dia juga punya satu mobil Mazda RX-8 yang juga dimodifikasinya di Jakarta, namun tidak se-ekstrim 350Z-nya jadi dia sering bolak-balik Amerika hanya untuk jalan-jalan dan merawat 350Z itu. Richard dijodohkan dengan Ivana lewat orangtua masing-masing saat Ivana masih kuliah. Dia jadi pacar Ivana setelah Ivana lulus kuliah dan kembali ke Jakarta. Richard tidak terlalu suka pada Ivana karena penampilan yang bersahaja dan kegemaran yang jauh beda. Walaupun Richard juga sering main internet dan game-game online, tapi dia tidak sekalipun membuka blog Ivana atau chatting dengan Ivana.

Di Jakarta, Richard bekerja sebagai manajer di kantor ayahnya. Dia tak bergitu berminat akan pekerjaannya, dan bekerja setengah hati. Dan saat masalah datang dia sering stres, marah-marah dan selalu ‘melepas’ stresnya dengan ‘dugem’ di cafe-cafe, khususnya ke X-Lounge di Plaza Semanggi. Dia pernah mengajak Ivana dugem bersama, tapi Ivana tidak betah karena banyak asap rokok dan Ivana tidak suka minum minuman keras. Cita-cita Richard yang sebenarnya adalah membuka bengkel modifikasi mobil dan mengimpor aksesoris mobil super ekstrim dari Amerika supaya mobil RX-8 nya bisa se-ekstrim 350Z-nya.

4. Hasan Hadinata, ayah Ivana, 52

Seorang pengusaha, importir mesin-mesin industri dari China, Taiwan dan Jerman. Suatu ketika Hasan memenangkan tender order mesin-mesin buatan Jerman dalam jumlah besar dari ayah Richard, dan mesin-mesin itu di-inden, sampai 1 tahun baru bisa terpenuhi semua kuantitasnya. Order terbesar dalam karir Hasan, dan mungkin akan berlanjut terus. Jadi, untuk ‘melanggengkan’ bisnisnya, Hasan menjodohkan putrinya dengan Richard.

Hasan sudah memesan mesin-mesin Jerman itu dan harus membayar uang mukanya dulu, serta bayar penuh untuk suku-suku cadangnya, sehingga ia terpaksa berhutang pada bank untuk itu. Watak keras hati dan kerja keras Hasan adalah kunci sukses bisnisnya dan ini digunakan juga untuk mengajar anak dan mengatur keluarganya.

5. Theresia Hadinata, ibu Ivana, 51

Seorang wanita Katolik yang taat. Alhasil dia jadi berwatak sabar, bersahaja, penuh pengertian dan bijaksana. Penghibur di kala susah, dan ahli keuangan yang handal. Dia amat memahami Hasan dan Ivana, namun dia tak kuasa mencegah ayah Ivana untuk pinjam uang dari Bank karena order besar dari ayah Richard itu nilainya melebihi modal kerja Hasan. Theresia setuju saja dengan perjodohan itu meskipun dia sempat berdebat keras dengan Pak Hasan bahwa Ivana seharusnya dibiarkan mencari pilihan hatinya sendiri, dan Theresia kurang simpatik pada Richard dan keluarganya yang cenderung bersikap sombong dan ‘meremehkan’ dirinya.

6. Suwondo Tjokrowardoyo, ayah Richard, 58

7. Hatimah Tjokrowardoyo, ibu Richard, 53

Orangtua Richard yang super-sibuk untuk membangun kerajaan bisnis konglomerasinya, tipikal pengusaha besar pada umumnya yang sampai-sampai tidak sempat membagi waktu untuk anak mereka. Ciri-ciri ini sangat umum dan sangat sering muncul dalam sinetron-sinetron dimanapun, tapi ada yang unik mengenai keluarga ini. Ibu Hatimah, entah bagaimana caranya, sadar dia harus lebih dekat dengan anaknya, mendidik dan menyadarkan anaknya sebagai pewaris kerajaan bisnis Pak Suwondo, ‘Grup Cakra’. Ibu Hatimah menempatkan Richard sebagai manajer di salah satu anak perusahaannya, PT. Cakrabuana Tunas Mandiri, penyalur / distributor produk-produk ‘Grup Cakra’. Ayah Richard sudah memikirkan untuk pensiun, jadi diapun mulai serius mengawasi Richard dan membimbingnya.

Pak Suwondo tidak terlalu antusias dan serius menanggapi rencana perjodohan Richard – Ivana, dia menganggap dirinya bisa mengendalikan segalanya dengan kekuatan finansial. Tipikal pengusaha yang cukup ‘licik’. Lihatlah manuver-manuvernya yang amat kejam yang bisa menghancurkan perusahaan-perusahaan manapun demi keuntungan pribadinya.

8. Patricia, 23 tahun

Seorang foto model yang sering ‘nongkrong’ di X-Lounge. Dia sering menemani Richard saat dugem dan sering curhat dengan Richard saat Ivana tidak menemani Richard. Patricia sangat mempengaruhi Richard dengan hedonisme. Untunglah Patricia bukan pecandu narkoba, yang tak akan pernah ditampilkan dalam cerita ini. Sebenarnya Patricia punya tujuan sendiri, yaitu menikah dengan Richard yang dianggapnya sebagai pria yang ‘sempurna’, sumber uang tambahan untuk gaya hidupnya yang sangat hedonis (boros, bersenang-senang sepanjang waktu).

9. Daniel Palaguna, 28 tahun

Salah satu teman ‘nongkrong’ Richard yang paling sering bersama Richard. Ternyata Daniel adalah salah satu dari sekian banyak pria yang sudah ‘selingkuh’ dengan Patricia. Daniel sendiri sudah muak dengan segala ‘one-night-stands’ dan status ‘playboy’ yang disandangnya, dan menginginkan cinta sejati, dan berkeluarga untuk melengkapi hidupnya yang mulai mapan sebagai wiraswastawan. Dia menganggap Ivana sebagai wanita ideal baginya, tapi sayang Ivana sudah jadi milik Richard. Akhirnya dia menunjukkan sifat aslinya, iri dan pendengki dan menjadi kunci pengungkap kekacauan yang akan menghancurkan hidup Ivana dan keluarga Ivana.

10. Utari Nirwansyah, 24 tahun

Teman sepermainan Arfian di Pulau A yang tumbuh dewasa dan menjadi gadis yang lumayan cantik. Cucu perempuan misionaris yang membantu pendidikan Arfian. Dia kuliah Teologi di Salatiga, dan kembali ke Pulau A dan melayani sebagai pengabar injil di sana, membantu kakeknya. Utari agak ‘gaptek’ (tidak terlalu mengerti teknologi) tapi selalu antusias untuk mencoba hal-hal baru. Ayah Utari, pengusaha penerus kakek Utari membantu Arfian mewujudkan mimpinya, secara finansial dan dengan usaha nyata, sehingga teknologi dan bahkan Internet juga bisa hadir di Pulau A.

11. Elwin, 26 tahun

Seorang pemuda yang tampan, berwajah oriental, tidak begitu atletis tapi bisa berenang. Dia menyelamatkan hidup Ivana saat Ivana akan bunuh diri di Pantai Kuta, Bali. Walau Elwin berasal dari keluarga menengah yang sedang liburan bersama sepupunya dari Hong Kong, tapi dia cukup mampu untuk membiayai Ivana sampai kembali ke Jakarta. Tapi itu tidak akan kita ungkapkan dulu dalam season ini. Biarlah Elwin tampil dulu sebagai pemuda misterius, pahlawan penyelamat jiwa. Peranannya mungkin akan sangat besar di masa depan, tapi kita tak akan mengungkapkan itu dulu.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts