Tuesday, June 13, 2006

Kritik untuk [FireHeart-Vadis.Blogspot.com] 3.1.1. Chapter One - Orcbane: In the Shade of

Makasih, mas Isman. Wah rasanya terhormat sekali, saya mendapat tanggapan serius dari penulis yang sudah solid.
Terus terang saja, novel yang saya tulis ini sebenarnya ingin ditujukan untuk segala jenis pembaca, dari di bawah 15 tahun sampai dewasa. Karena memang saya baru pertama kali menulis novel, saya tidak memikirkan sampai ke sisi 'komersil'-nya. Saya tidak pusing apa ini bakal terlalu kekanak2an untuk para pembaca dewasa, atau ini terlalu dewasa untuk pembaca di bawah 15 tahun. Malah mungkin ada yang bilang (kalau ada) novel saya ini karya 'urakan'.
 
Jadi, bisa saja ini 'urakan', dan bisa saja ini 'cara baru penulisan novel yang belum pernah dibuat orang sebelumnya', yang membuat orang yang membaca novel ini berpikir seperti si tokoh utama, tokoh pembantu dsb dan sampai 'merasakan' sakitnya dipukul, hampir mati, dsb. Jadi rasanya juga sedang main game atau ikut berperan dalam film. Sisanya terserah pembaca. Kalau mereka tidak comfortable dengan gaya penceritaan yang 'urakan', mungkin mereka bisa lebih menikmati cerita ini dalam versi komiknya (yang memang belum dibuat).
 
Karena pola yang saya anut hanya satu : "I write what I saw, what I hear, and what I think.' Jadi ini 100% pure. Saya mencoba menggabungkan gaya cerita dan penjelasan dari Barat, penokohan dan alur cerita gaya anime Jepang, dan gaya cerita dari komik Hongkong (Silat Mandarin).
 
Tokoh utama tidak bermaksud meremehkan inteligensi pembaca ataupun intelegensi lawan-lawan mainnya, tapi memang itu yang dipikirkannya. Kalau ada yang merasa 'tersinggung' dengan ini, berarti pesannya memang 'sampai'. Yang dipikirkan seseorang itu bisa saja salah atau kelihatannya tidak sesuai dengan tingkat intelijensi yang sebenarnya, tapi itulah manusia. Niat saya memang ingin 'memuaskan' semua umur, tapi mau bilang apa, gap generasi memang kadang menyulitkan.
 
Maka itulah sebaiknya saya 'bertanya' pada mas Isman, 'atau mati'.
Terima kasih. Itu saran yang sangat berharga. Karena novel pertama itu sebenarnya sudah selesai dan sedang coba disebarkan pada banyak penerbit (blognya adalah buat penerbit luar negeri), saya akan coba terapkan saran di atas di novel seri keduanya.
 
P.S. Boleh saya minta izin untuk memposting kritik dan saran ini dalam blog saya http://vadisworld.blogspot.com?


__________________________________________________
Do You Yahoo!?
Tired of spam? Yahoo! Mail has the best spam protection around
http://mail.yahoo.com

No comments:

Post a Comment

Popular Posts